Apakah Kemampuan Komunikasi Memang Dibutuhkan untuk Lulusan IT ?

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (baik ide, pesan, maupun gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. (Wikipedia)

Beberapa definisi komunikasi lain sebagai berikut :

  • Komunikasi adalah seluruh prosedur-prosedur dimana satu pikiran bisa mempengaruhi lainnya. ( Weaver, 1949)
  • Dari satu segi pandangan komunikasi, peristiwa itu mungkin saja mengamati dalam ketenaga-kerjaan dari simbol (tindakan), di bawah keadaan spesifik (pemandangan), oleh seorang individu atau individu(agen), menggunakan media terpilih (agensi) untuk akhir yang didefinisikan (tujuan). (Bobcock, 1952).
  • Komunikasi adalah proses dimana kita memahami lain serta pada gilirannya usaha untuk dipahami oleh mereka. adalah dinamis, secara terus-menerus berubah dan pergeseran sebagai jawaban atas total situasi. ( Hovland, Janis, dan Kalley 1953).
  • Komunikasi adalah proses dimana kita memahami lain serta pada gilirannya usaha untuk dipahami oleh mereka. Adalah dinamis, secara terus-menerus berubah dan pergeseran di/dalam respon ke/pada total situasi. (Andersen 1959)
  • Komunikasi adalah satu proses itu membuat umum ke/pada dua beberapa monopoli satu atau beberapa. (Gode, 1959)
  • Komunikasi tidak mengacu pada verbal, exlicit, dan transmisi internasional [dari] pesan sendiri, konsep [dari] komunikasi akan meliputi semua proses itu dengan mana pengaruh orang satu sama lain. (Ruesh and Baterson, 1961)
  • Komunikasi, pada dasarnya, stimulasi dalam pikiran [dari] lain dari secara esensial anda awereness, pemahaman, dan perasaan dari impotance peristiwa, perasaan, fakta, opini, atau situasi anda adalah attemting untuk melukiskan. ( Oliver, zelko, dan Holzman ,1962)
  • Komunikasi di antara manusia adalah seni informasi pemancar, ide-ide, dan sikap dari satu orang ke lainnya. (Amerly, ault, dan Agree, 1963)
  • Komunikasi adalah prosses dimana seseorang mengurangi ketidak-pastian tentang beberapa tatapan mata dari afair oleh pendeteksian dari isyarat/tongkat bilyard yang tampak seperti dia untuk menjadi relevan ke/pada kondisi itu.( Lewis, 1963)
  • Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah konflik dalam lingkungan masyarakat. Dalam hubungan bilateral antar negara pun diperlukan juga komunikasi yang baik agar hubungan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tak bertujuan.

Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.

Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell, komponen-komponen komunikasi adalah:

  • Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  • Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  • Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  • Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan (“Protokol“)

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa komunikasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Komunikasi juga merupakan suatu cara untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan agar orang yang diajak berkomunikasi atau si penerima pesan paham dengan maksud yang didinginkan dari si pemberi pesan.

Terlebih lagi dalam dunia Information Technology (IT) atau teknologi informasi dimana hubungannya sangat erat sekali dengan komunikasi. Sebab, pada intinya, teknologi informasi merupakan bagaimana suatu informasi dapat disampaikan atau diinformasikan melalui teknologi-teknologi yang ada. Disinilah letak pentingnya komunikasi, dimana dalam menyampaikan maupun memberikan informasi pasti terdapat suatu komunikasi dengan berbagai macam cara di dalamnya. Mengingat bahwa antara informasi yang satu dan yang lain dapat memiliki representasi maupun penafsiran baik sama dan juga berbeda.

Dan sebenarnya tidak hanya pada bidang IT saja komunikasi sangat dibutuhkan. Namun juga pada seluruh bidang maupun aspek lain juga memerlukan adanya suatu komunikasi yang efisien dan efektif baik dalam pengelolaanya maupun penyampaiannya.

One Comment to “Apakah Kemampuan Komunikasi Memang Dibutuhkan untuk Lulusan IT ?”

  1. nice inpoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: